top of page
Search
  • Writer's picturebrain tour

Cara Pergi ke Pulau Lombok

Ke Lombok Dari Bali


Berbagai agen tur menawarkan gabungan tiket bus-feri dari Ubud (Bali) ke Kuta seharga Rp. 230.000. Agen bus termurah adalah Pesona Bintang Tour and Travel, tapi ada beberapa kejadian tidak mengenakkan dilaporkan dialami wisatawan saat menaiki bus ini. Saat ini, perjalanan dari Kuta, Lombok ke banyak tujuan Bali hanya berkisar Rp. 200.000 dan dapat dipesan di sebagian besar hotel dan agen perjalanan.  Ada beberapa cara untuk pergi liburan ke Lombok. Cara paling umum adalah dengan naik pesawat terbang dari beberapa kota besar di Indonesia. Sementara itu cara lainnya adalah dengan jalur darat atau naik kapal laut.


Dari Bandara Internasional Lombok - IATA International Airport Lombok terletak di Barat Selatan Praya di Lombok Selatan. pusat Bandara internasional ini baru akan menyediakan fasilitas untuk pesawat besar dan fasilitas terminal yang lebih modern dan fasilitas kargo.


Pajak Bandara - Penumpang dari Lombok akan dikenakan Pajak Bandara Internasional Lombok atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 45.000 untuk penerbangan domestik dan Rp 150.000 untuk penerbagan internasional.


Visa - Wisatawan manca negara selain dari negara-negara ASEAN wajib memiliki visa untuk mengunjungi Pulau Lombok. Beberapa negara harus mendapat visa di Kedutaan Indonesia sebelum berkunjung ke Lombok. Visa on arrival bisa juga didapatkan para wisatawan untuk jangka waktu 30 hari.


Kuta ditempuh sekitar 20-30 menit dari bandara ini. Perjalanan menggunakan taksi meter harus diantisipasi dengan biaya sekitar Rp. 90.000 – Rp. 100.000 (Anda bisa coba menawar taksi dengan harga Rp. 75.000). Untuk jemputan pribadi dari hotel Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 120.000 – Rp. 150.000.


Ke Kuta Dari Lembar


Dari lembar, harga menuju Kuta perlu ditawar lebih dulu. Persaingan ketat dan para porter akan sering memaksa menempatkan koper bawaan Anda di taksi lebih dulu untuk memastikan harganya. Jika memilih menggunakan taksi, pastikan bahwa supir taksi menggunakan mesin meter. Tarif taksi dari Lembar ke Kuta dapat menjadi sekitar Rp. 250.000. Jika menggunakan mobil sewa, pastikan juga kejelasan harga sebelum Anda masuk kendaraan dan berangkat.


Shuttle - Tiket shuttle wisata dapat dipesan di kantor Perama mulai dari pukul 07.00 – 10.00, berseberangan dengan wartel (kantor telepon), atau yang melekat dengan Segare Anak Bungalow. Mereka memiliki keberangkatan rutin setiap harinya untuk tujuan Lombok dan Bali. Transportasi menuju Lembar, dari dermaga yang menghubungkan kapal-kapal feri ke Padangbai di Bali, biayanya Rp 125.000 per orang. Untuk perjalanan menjauh ke utara, harga untuk ke Senggigi dan Pulau Gili setidaknya masing-masing Rp. 125.000 dan Rp. 180.000. Di desa Kuta, semua fasilitas lokal berada dalam jangkauan kaki. Untuk transportasi lokal di dalam dan sekitar Kuta Anda dapat menggunakan ojek (sepeda motor dengan pengendara).


Bemo - Merupakan transportasi umum yang luas, terdapat di hampir sebagian besar Pulau Lombok. Standar angkutan umum di sini adalah bemo, truk pick-up kecil tertutup dengan bangku-bangku yang sempit. Bemo dirancang untuk mengangkut warga setempat, wisatawan mungkin akan bingung bila menggunakannya. Bemo tidak dianjurkan untuk wisatawan yang betul-betul asing, terutama jika yang bepergian dengan membawa banyak barang atau papan selancar, dan tidak bisa berbicara Bahasa Indonesia. Untuk mencapai hampir semua tujuan, bemo sering berhenti dan harus berganti mobil, bahkan sesekali bisa penuh sesak. Bagi Backpackers yang ingin menghemat uang dengan menaiki bemo, perlu menguasai informasi jalan terlebih dulu dan mencatat nama-nama tempat tujuan untuk ditunjukkan kepada supir bemo. Namun bepergian naik bemo merupakan salah satu cara akrab dalam mengalami budaya setempat.


Mobi - Kuta berada hanya sekitar 25 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pemerintah di area Kuta telah membangun jalan aspal baru yang mengakses semua teluk di Lombok Selatan. Dengan mobil akan begitu mudah untuk menjangkau tujuan wisata Anda seperti Kuta, Pantai Mawun, Tanjung Ann, Selong Blanak Pantai, bahkan ke tempat selancar terkenal seperti Areguling, Mawi, Gurupuk, Ekas, Tanjung Ann Break, Segar istirahat dan lainnya.


Sepeda Motor - Jika Anda ingin menjelajahi daerah Lombok Selatan sekitar Kuta, cara yang lebih disukai oleh banyak pendatang adalah dengan mengendarai sepeda motor. Sepeda motor bisa disewa dengan tarif sekitar Rp. 50.000 per hari, tanpa bensin. Pastikan sepeda motor dalam kondisi mekanik prima seperti lampu, rem dan ban. Jangan pernah memberikan paspor atau SIM sebagai jaminan untuk menyewa sepeda motor, dan pastikan motor yang Anda sewa memiliki STNK – Surat Tanda Nomor Kendaraan (Sertifikat Pendaftaran). Jika Anda tidak berpengalaman mengendarai sepeda motor, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan menyewa. Anda bisa memilih bisnis terkemuka penyewaan sepeda motor dari Kimen Surf yang menawarkan penyewaan sepeda motor untuk Rp. 50.000 per hari.

3 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page